English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mengubah Kondisi Negatif Menjadi Positif

KONDISI yang tidak menyenangkan di tempat kerja bisa menjadi bibit yang membahayakan. Jika kondisi ini menjalar ke lebih dari separuh pekerja, kondisi negatif ini bisa berakibat pada hilangnya produktivitas dan menurunnya kualitas kerja. Apalagi, jika mereka yang kecewa memengaruhi rekan kerja yang lain untuk mengikuti mereka.


"Dari sinilah, masalah tersebut bisa digunakan untuk membuat sebuah perubahan positif dalam lingkungan kerja," tegas konsultan karier Dawn Rosenberg McKay, seperti dikutip dari about.com.

Dawn mencoba memberi beberapa tip bagaimana caranya mengubah kondisi negatif menjadi hal yang positif.
Kritik harus membangun. Usahakan jangan hanya mengeluh terhadap situasi yang ada. Berikan juga saran atau kritik yang membangun agar masalah bisa diselesaikan secara bersama-sama.

Beraksi. Tunjukkan keinginan untuk ikut serta memecahkan masalah dengan melakukan sebuah aksi langsung bagaimana memecahkan masalah tersebut.
 
Perbaiki yang salah saja. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa semua orang salah dalam melaksanakan pekerjaan. Jika ini yang terjadi, lebih baik berkonsentrasi saja pada hal-hal yang memang butuh diperbaiki dan diselesaikan, bukan pada hal yang sama sekali tidak perlu diperbaiki.